Budaya Korea Selatan yang Wajib Diketahui K-Popers

Kamu penggemar K-Pop? Apa yang paling kamu suka dari K-Pop? Dramanya? Boyband dan Girlbandnya? Kulinernya? Pasti gak bakal ada habisnya deh kalo ngebahas K-Pop. Selain budaya yang sering muncul di drama, ternyata masih anyak budaya lain yang mungkin belum kamu ketahui. Nah buat kamu pecinta K-Pop, jangan dulu ngaku seagai K-Popers sejati kalo masih belum tau budaya Korea Selatan yang terkenal di bawah ini.

Aturan Makan Bersama Orang Tua

Budaya Korea Selatan yang Wajib Diketahui K-Popers

Korea memang merupakan salah satu negara yang memiliki budaya yang unik. Salah satu budaya yang dapat dikatakan unik adalah aturan makan jika makan bersama dengan orang tua atau orang yang memiliki usia lebih tua. Jika kamu sedang jalan-jalan di Korea dan bertemu dengan keluarga teman kamu yang kebetulan adalah orang Korea asli, jangan sampai melakukan kesalahan pada saat makan bersama dengan mereka. Kamu perlu tau nih chingu, di Korea, saat makan keluarga, anak-anak tidak dibolehkan untuk makan sebelum orang tua mereka makan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan anak-anak menjadi lebih disiplin dalam berperilaku. Sebagai contoh, jika di satu meja makan terdapat kakek, ayah, ibu, dan dua orang anak, orang pertama yang harus makan terlebih dahulu adalah kakek, dilanjutkan dengan ayah, ibu, baru deh anak-anak mulai boleh menyantap makanan mereka. Walaupun lapar, sebagai anak yang memiliki umur paling muda dibanding kakek dan ayah-ibu, kamu harus bersabar menunggu giliran.

Memberikan / Menerima Barang Dengan Kedua Tangan

Budaya Korea Selatan yang Wajib Diketahui K-Popers

Kebiasaan satu ini kayaknya gak hanya berlaku di Korea aja nih chingu, tapi juga di beberapa negara di wilayah Asia. Sama halnya dengan di Indonesia, di Korea pun kamu diharuskan untuk menggunakan kedua tangan saat ingin memberikan atau menerima barang. Hal ini dilakukan untuk terlihat lebih sopan. Jika kebetulan kamu memiliki klien bisnis orang Korea, pastikan untuk memberikan kartu nama mu dengan kedua tangan serta menerima kartu nama sang klien dengan kedua tangan juga. Jangan sampai klien malah menganggap kita gak sopan kalo hanya menerima dengan satu tangan saja, chingu.

Membungkukkan Badan Saat Menyapa Seseorang

Budaya Korea Selatan yang Wajib Diketahui K-Popers

Budaya membungkukkan badan memang bukan hanya milik Korea Selatan saja. Beberapa negara seperti Jepang dan China juga menjunjung tinggi nilai kebudayaan yang satu ini. Dengan membungkukkan badan bukan berarti kamu berada di derajat yang lebih rendah dari lawan bicara kamu. Melainkan kamu menunjukkan rasa hormat kepada mereka. Di Korea sendiri, membungkukkan badan bukan sebuah hal yang sangat aneh. Karena, dari kecil mereka sudah diajarkan untuk membungkukkan badan saat memberikan salam. Uniknya, setiap anak di Korea selalu diajarkan untuk menyapa orang tua mereka sebelum tidur dan setelah bangun tidur sambil membungkukkan badan mereka. Nggak cuma di rumah, membungkukkan badan juga berlaku ketika kamu bertemu dengan orang lain di luar rumah. Jadi, buat kamu yang punya rencana berlibur ke Korea, nggak ada salahnya nih untuk mempraktekan budaya Korea Selatan yang satu ini.
  
Menerima Minuman Dengan Dua Tangan

Budaya Korea Selatan yang Wajib Diketahui K-Popers

Kalo kamu adalah penggemar setia K-Pop khususnya drama, pastinya kamu udah gak asing dengan keiasaan ini. Nggak jarang dalam beberapa scene film atau drama yang memperlihatkan adegan dimana si pemeran utama atau figuran sedang minum secara berkelompok. Pada saat mereka sedang minum, ada salah satu orang yang ingin menuangkan minuman dan si penerima akan menyodorkan gelasnya dengan kedua tangannya. 

Hal ini merupakan salah satu budaya Korea Selatan yang nggak boleh dilanggar lho chingu. Jika kamu sampai melakukan kesalahan dalam menerima minuman beralkohol, bisa jadi kamu dianggap sebagai orang yang arogan. Agar terlihat sopan, jangan lupa untuk menerima minuman dengan dua tangan ya chngu. Dan satu hal lagi, biasanya jika orang yang lebih muda gak boleh minum dengan menghadapkan botol sejajar dengan wajah orang yang lebih tua. Biasanya mereka akan mengambil posisi menamping baru kemudan minum dari gelas mereka.
Perayaan 100 Hari dan 1 Tahun Untuk Bayi

Budaya Korea Selatan yang Wajib Diketahui K-Popers

Budaya Korea Selatan yang bisa dikatakan unik adalah perayaan 100 hari dan 1 tahun untuk bayi di Korea. Perayaan 100 tahun yang biasa disebut dengan perayaan baek-il dimana perayaan ini bertujuan untuk menunjukkan rasa syukur karena si bayi bisa bertahan untuk melewati masa kritis. Perayaan ini biasanya dirayakan menggunakan adat Korea. Sementara perayaan 1 tahun atau biasa disebut dengan doljanchi atau dol merupakan acara yang lebih mewah dibanding perayaan 100 hari. 

Dalam perayaan ini, orang tua akan menyiapkan berbagai jenis kue beras dan buah-buahan yang ditaruh di atas sebuah meja besar yang telah didekor. Keluarga akan menggunakan hanbok dalam hari berbahagia ini. Puncak acara pada perayaan doljanchiadalah doljabiDoljabi merupakan acara dimana si bayi harus memilih salah satu barang yang sudah disiapkan oleh orang tuanya. Diharapkan barang yang diambil merupakan petunjuk kelak si bayi akan bekerja sebagai apa dan bagaimana kehidupan si bayi saat sudah dewasa. Sebagai contoh, jika si bayi mengambil uang, diharapkan si bayi akan menjadi kaya saat dewasa. Jika si bayi mengambil bola voli, bisa jadi kelak si bayi akan menjadi pemain voli. Wah ada ada saja ya chingu.



Related Posts

Budaya Korea Selatan yang Wajib Diketahui K-Popers
4/ 5
Oleh