My Favorite Korean Singers This Lately

Bicara soal K-Pop emang nggak ada habisnya ya. Tiap bulan ada aja rookie baru bermunculan dan menambah warna baru dalam musik K-Pop. Sampe sekarang, dunia per-KPop-an ini rasanya masih didominasi sama groupya, baik itu boy group atau girl group. Kalo gue bilang, musik yang mereka usung masih sebelas dua belas aja, serupa tapi tak sama alias sami mawon alias seragaman. Genre electronic dance dan semacamnya ini akhirnya jadi semacam ‘pakem’ yang dipegang sama tiap group. Bisa dipastikan, group apapun itu dan bagaimanapun konsepnya, genre satu ini udah jadi menu wajib yang harus mereka jajal.

Nah, terlepas dari hiruk pikuk persaingan boy dan girl group, sebagai penikmat K-Pop gue justru lebih suka sama para solois. Seriously, karya-karya solois yang lebih ‘idealis’ rasanya lebih awet di kuping dan hati gue, ketimbang lagu boy/girlgroup yang cuma enak didenger sekilas doang. 

Biasanya, lagu-lagu itu selalu berakhir di recycle bin karena satu alasan : bosan. Bukan berarti gue nggak menghargai karya para boy/girlgroupya. Gue selalu suka dan menikmati penampilan paket komplit mereka mulai dari lagu, konsep, koreo, dan MV nya di setiap comeback. Tapi ya, biasanya sukanya tuh cuma ‘sesaat’. Lagu mereka selalu jadi most played gue sejak dia rilis tapi nggak bisa bertahan lama. Beda dengan lagu para solois yang bisa bertahan lebih lama, bahkan ada lho lagu yang masih betah aja nongkrong di playlist sejak gue SMA sampe sekarang nggak pernah tuh dicoret dari playlist :)

Oke, jadi siapa aja sih solois yang jadi favorit gue? Ini dia listnya.

IU


Yep! Rasanya si cantik satu ini udah jadi idola sejuta umat ya. Walaupun udah menjajal banyak genre mulai dari ballad, dance, EDM, acoustic sampe trot, lagu-lagu IU selalu membekas di hati. Gue udah ngikutin IU sejak jaman dia debut dengan lagu-lagu balladbernuansa suram yang jadi statementdia dulu. Lepas dari lagu bernuansa dark, IU mulai menjajal genre pop dance yang lebih ceria ala dedek gemes yang jadi tren di tahun 2010an. 

Lagu-lagu acoustic dia juga enak-enak. IU juga pernah nyanyi lagu dengan musik ala orchestra. Sampe yang terbaru dia mencoba genre EDM, dan hasilnya selalu enak! Salah satu lagunya dia ‘I Don’t Like Her’ masih tetep jadi ringtone hp gue sejak jaman pake hp Nexi*n tombol qwerty sampe pake hp Sams*ng yang lebarnya cukup buat ngiris bawang. Terlepas dari berbagai isu miring tentang plagiarism dan apalah itu namanya, gue tetep cinta mati sama lagu-lagunya IU hehe.

Ailee


Penyanyi bohay Ailee juga sukses merebut perhatian gue sejak pertama dia debut dengan lagu ‘Heaven’. Seperti halnya IU, Ailee juga udah beberapa kali pindah genre dari pop, RnB, dance/EDM, dan balik lagi ke RnB. Gue paling suka sama lagunya ‘Evening Sky’. Rasanya tuh sentimental plus emosional plus nyakitin banget haha. Ada sedikit nuansa lagu-lagunya Taylor Swift pas jaman rambutnya masih panjang keriting dulu. Banyak juga yang bilang kalo Ailee adalah Beyonce-nya Korea. Mungkin karena style musiknya mirip-mirip ditambah vokal yang powerful. Selain ‘Evening Sky’, gue juga suka ‘Higher’yang jadi lagu kolaborasi dia sama Yiruma. Daaan,walaupun udah berapa kali pindah genre, setiap lagu dia tetep ada ‘rasa Ailee’nya, itu yang bikin gue betah ngikutin setiap projectnya Ailee.

Dean


My favorite singer from Korea this lately is Dean! Iyaaa, Dean yang kolab sama Taeyeon di lagu ‘Starlight’ itu. Sebenernya gue udah suka sama Dean jauh sebelum namanya terekspos karena duet mautnya sama Taeyeon. FYI, Dean ini sebelumnya lebih dikenal sebagai pencipta lagu buat beberapa artis, sebut aja VIXX dan EXO. His taste of music sedikit mengingatkan sama lagu-lagunya Maroon 5, but its okai. Suaranya empuk banget guys, enak deh kalo didengerin sebelum tidur. Coba deh dengerin semua lagu dia di album ‘130 mood :TRBL’. Nggak ada yang nggak enak, semuanya enakkkk. Dan gue bersyukur sekali karena anak ini nggak direkrut jadi anggota boyband haha! Sayang banget kalo dia harus berbagi panggung dengan anggota lain dalam sebuah group. Suaranya enak, and his looks is fine tho, masih muda lagi. Duh abang Dean :’)

Lim Kim


Jujur sebenernya gue lebih suka style lamanya Lim Kim dibandingkan sekarang. Musiknya Lim Kim pas jaman debut terasa lebih idealis dan istimewa dibandingkan sekarang yang terdengar lebih mainstream. Sebelum debut solo, Lim Kim ini adalah anggota sebuah group bernama Togeworl. Nuansa musiknya didominasi genre soul, acoustic, dan sedikit jazz. Lagu dia yang masih jadi favorit kuping gue sampe saat ini adalah ‘Rain’ dan ‘Like You Know it All’. Sesuai judulnya, lagu ‘Rain’emang enak banget didengerin pas lagi hujan, sambil memandang ke luar jendela ala video klip gitu haha. Tapi beda lagi ceritanya kalo hujannya hujan petir haha xD Lagu ‘Like You Know it All’ bisa ngasih emosi yang sama waktu gue dengerin lagu ‘Evening Sky’nya Ailee. Emosional tapi melegakan. Menyejukkan sekaligus menyesakkan.

Big Baby Driver


Terdegar seperti nama sebuah group? Bukan, Big Baby Driver ini adalah penyanyi solo wahai pemirsa. Lagunya udah sering wara wiri jadi soundtrack drama, salah satunya ‘The Heirs’. Big Baby Driver punya karakter suara yang khas dan lembut kayak handuk yang udah dicuci pake Dow*y satu botol. Nggak lebay, serius suaranya enak banget dan selau berhasil bikin setiap lagu yang dia bawa jadi enak. Mungkin suaranya nggak sekuat Ailee ataupun IU yang bisa loncat-loncat dari nada rendah ke nada tinggi. Suaranya terasa sederhana tapi menenangkan.

Tearliner


Nah kalo buat yang satu ini, gue masih bingung apakah dia ini sejenis komposer atau penyanyi wkwk. Seringnya sih dia bikin aransemen musik gitu, tapi kadang suka nyanyi juga. FYI, dulu Tearliner adalah sebuah band dengan formasi 6 orang personil. Tapi sekarang tinggal ada satu orang dan Tearliner pun berganti konsep menjadi one man band.

Gue selalu suka dengan musiknya Tearliner yang punya auranya sendiri. Sesuai namanya, lagu-lagu Tearliner biasanya bernuansa melankolis dan nostalgic. Gue suka sama setiap feel yang gue dapet dari lagu Tearliner, mulai dari merenungi diri, menerawang, dan serasa melayang ke dunia gue sendiri. Oh ya, lagu-lagu Tearliner juga sering banget dijadiin soundtrack drama Korea. Mungkin kamu udah sering denger lagu dia tapi nggak tau siapa orang yang ada di balik lagu itu. Bisa jadi, dia adalah Tearliner. Oh ya, salah satu soundtrack ‘Cheese In The Trap’ yang dinyanyiin Kim Go Eun juga diaransemen sama Tearliner.

Yerin Baek


Penyanyi muda satu ini awalnya debut bareng Park Jimin di group duo arahan JYP yang namanya 15&. Jujur, gue nggak merasa ada sesuatu yang begitu spesial dari 15& sejak mereka debut. Yerin justru bisa lebih mempesona waktu dia debut secara solo. Yerin punya warna musik yang light dengan nuansa acousticdan jazz. Album perdananya ‘Frank’ lumayan nempel di kuping sampe saat ini.

Emang udah jadi semacam ‘ciri khas’nya JYP yang nggak ngelakuin promo gede-gedean buat solois mereka. Gue jarang banget liat Yerin nongol di acara musik apalagi reality show. Mungkin itulah yang bikin namanya nggak begitu dikenal dibandingkan dengan solois lain kayak IU atau Ailee atau bahkan Taeyeon yang rajin tampil di tipi. Tapi justru itulah sensasinya. Seneng banget bisa mengeksplor lagu-lagu dia dan ketemu orang lain di luar sana yang sama-sama suka dengan lagu Yerin. Yerin juga punya style yang cukup idealis dan konsisten dilihat dari dua albumnya ‘Frank’ dan ‘Bye Bye My Blue’. Lagu favorit gue adalah ‘Across The Universe’ dan ‘His Ocean’. Mungkin selanjutnya Yerin bisa nyanyiin lagu soundtrack drama? I think its gonnabe awesome :)

Oke, jadi siapa nih penyanyi solo favorit kamu dari Korea? Share di sini ya!


Sorry for the long post and this is a potato for you my fanart for IU :)



Related Posts

My Favorite Korean Singers This Lately
4/ 5
Oleh